Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Higiene Sanitasi Kantin di Universitas Jambi (Kampus Mendalo) Tahun 2020

Amalia, Najlah (2021) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Higiene Sanitasi Kantin di Universitas Jambi (Kampus Mendalo) Tahun 2020. S1 thesis, Ilmu Kesehatan Masyarakat.

[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (173kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf

Download (927kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa penerapan higiene sanitasi kantin di Universitas Jambi (kampus Mendalo) belum memenuhi persyaratan yang tercantum dalam KepMenkes RI No.1098/Menkes/SK/V/2003 tentang Persyaratan Higiene Sanitasi Kantin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan penerapan hygiene sanitasi kantin di Universitas Jambi. Metode: Metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah seluruh penjamah makanan di kantin Universitas Jambi. Sampel berjumlah 46 responden, teknik sampel menggunakan total sampling. Hasil: Analisis bivariat menggunakan uji Chi-Square, hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen yaitu pengetahuan (ρ=0,000), pelatihan (ρ=0,657), kondisi lingkungan (ρ=0,000), dukungan petugas (ρ=0,452) dengan penerapan hygiene sanitasi kantin. Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan dan kondisi lingkungan dengan penerapan hygiene sanitasi kantin di Universitas Jambi. Diharapkan Dinas Kesehatan Muaro Jambi lebih meningkatkan pengawasan dan rutin melaksanakan penyuluhan higiene sanitasi kantin dan bagi penjamah makanan diharapkan kesediaannya untuk menghadiri serta menyediakan fasilitas sanitasi di tempat usahanya. Kata Kunci: Higiene, sanitasi, penjamah makanan, kantin.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Najlah Amalia
Date Deposited: 14 Jul 2021 02:42
Last Modified: 14 Jul 2021 02:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22838

Actions (login required)

View Item View Item