Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 4 Tebo Materi Momentum dan Impuls Berdasarkan Model Problem Based Learning dengan Scaffolding

Purnama, Junika (2021) Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 4 Tebo Materi Momentum dan Impuls Berdasarkan Model Problem Based Learning dengan Scaffolding. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan karena kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls masih kurang optimal. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mengaitkan konsep momentum dan impuls. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menawarkan solusi berupa penggunaan model problem based learning dengan scaffolding pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls berdasarkan model problem based learning dengan scaffolding jenis pemecahan masalah pendekatan ilmiah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian motode campuran dengan rancangan sekuensial eksplanatory. Sampel penelitian ialah siswa/i SMA Negeri 4 Tebo Kelas X MIPA 2 dengan jumlah 35 orang. Pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis kuantitatif menggunakan uji Wilcoxon hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata pretest dan post test didapatkan nilai P-value Sig (2-tailed) = 0.000 atau nilai signifikansinya < 0.05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran model problem based learning dengan scaffolding pemecahan masalah pendekatan ilmiah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Dan hasil uji N-gain yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah pemberian pembelajaran pembelajaran model problem based learning dengan scaffolding pemecahan masalah pendekatan ilmiah. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai uji N-Gain yang diperoleh sebesar 0,31 menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan analisis tes yang meliputi analisis jawaban dan hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika siswa mengalami peningkatan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Purnama
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:02
Last Modified: 26 Jul 2021 02:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item