Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2016/2017

wahyudi, wahyudi Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-align: inherit;">Jurnal Penelitian Universitas Jambi</font></font>. ISSN <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-align: inherit;">0852-8349</font></font>

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyudi. 2017. Kemampuan Menulis Teks Eksposis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andiopenta Purba, M.Hum., M.Div. dan (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd Kata-kata kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Ekspositif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Penelitian ini didasari dari proses penulisan dan pengembangan (1) Isi (yang meliputi fakta, pemahaman, logis), (2) Aspek Paragraf (yang meliputi unsur kelengkapan, kesatuan, dan koherensi paragraf), (3) Aspek Kebahasaan (yang meliputi unsur SPOK, hurup kapital, dan tanda baca). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini peneliti bertujuan untuk menggambarkan secara objektif kemampuan siswa dalam menulis teks ekspositif yang proses penulisan dan pengembangan (1) Isi (yang meliputi fakta, pemahaman, logis), (2) Aspek Paragraf (yang meliputi unsur kelengkapan, kesatuan, dan koherensi paragraf), (3) Aspek Kebahasaan (yang meliputi unsur SPOK, hurup kapital, dan tanda baca). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 11 Muaro Jambi yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan menulis eksposisi siswa termasuk cukup. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan yang dilakukan dengan mempersentasekan 24 orang sebagai sampel penelitian yang mengikuti tes menulis eksposisi terdapat 5 orang (20,8) termasuk dalam kategori baik sekali, 5 orang (25) termasuk dalam kategori baik, 9 orang siswa (37,5%) yang termasuk dalam kategori cukup, dan 5 orang (20,8) termasuk kategori kurang. Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, masih banyak terdapat kekurang mampuan siswa secara total dalam menulis teks eksposisi jika dilihat dari tiga aspek penilaian eksposisi, (1) aspek isi yang memiliki unsur fakta, pemahaman dan logis memiliki persentase 75,82. (2) aspek paragraf yang memiliki unsur kelengkapan, kesatuan dan koherensi memiliki persentase 67,73, dan (3) aspek kebahasaan yang memiliki unsur SPOK, hurup kapital, dan tanda baca hanya memiliki persentase 57,5. Disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis teks eksposisi kelas VII A SMP 11 Muaro Jambi adalah cukup. Disarankan hendaknya pengajaran bahasa dan sastra Indonesia agar meningkatkan kualitas cara mengajar agar pelajaran menulis menjadi lebih menarik dan dapat memotivasi siswa lebih banyak berlatih menulis teks eksposisi dengan menggunakan tiga aspek eksposisi yakni, isi, paragraf, dan yang paling utama ditingkatkan yaitu aspek bahasa.

Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: WAHYUDI
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:48
Last Modified: 20 Oct 2017 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2297

Actions (login required)

View Item View Item