WILIANI, RESTI (2021) IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI NO.21/I BULUH KASAB. S2 thesis, MAGISTER PENDIDIKAN DASAR.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN..pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
Abstract
Wiliani, Resti. 2021. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri No.21/I Buluh Kasab. Kata kunci: implementasi, penguatan pendidikan karakter Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah pada nilai religius, disiplin, semangat kebangsaan, menghargai prestasi, dan peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru, siswa, serta orang tua. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pendidikan karakter di SD Negeri Nomor 21/I Buluh Kasab pada dasarnya terimplementasi pada lapisan nilai dan keyakinan serta lapisan artifak. Perencanaan pendidikan karakter tersebut terdiri dari analisis konteks terhadap kondisi dan potensi sekolah untuk menetapkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan yaitu nilai religius, disiplin, semangat kebangsaan, dan menghargai prestasi; dan peduli lingkungan; penyusunan program-program pendidikan karakter beserta dokumen perencanaan yang termuat dalam kurikulum sekolah yang berlaku; sosialisasi kebijakan pendidikan karakter kepada guru, karyawan, siswa, dan orang tua siswa; serta perencanaan kondisi pelaksanaan terkait dengan penyediaan fasilitas sekolah, pemberian keteladanan oleh guru, dan penciptaan suasana belajar yang nyaman. Pelaksanaan pendidikan karakter terealisasi melalui penanaman nilai-nilai karakterpada lapisan artifak yaitu melalui penyediaan fasilitas-fasilitas untuk mendukung berbagai aktivitas pada program sekolah maupun yang dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Program- program sekolah tersebut didesain untuk membentuk karakter siswa melalui aktivitas-aktivitas di lingkungan sekolah yang dibentuk sedemikian rupa sehingga siswa baik secara sadar maupun tidak sadar telah membiasakan diri dengan nilai- nilai karakter yang direncanakan oleh sekolah. Secara umum, SD Negeri Nomor 21/I Buluh Kasab telah mencapai indikator keberhasilan sekolah dalam mengimplementasikan lima nilai karakter utama yang menjadi fokus implementasi. Keberhasilan tersebut merupakan wujud kerjasama yang baik dari setiap warga di sekolah dan orang tua siswa dalam penciptaan kondisi Budaya dan konsistensi penerapan nilai karakter. Evaluasi pendidikan karakter dilakukan melalui tahap- tahap monitoring oleh kepala sekolah dan evaluasi bersama guru di setiap akhir semester. Aspek-aspek evaluasi yang dilakukan yaitu mencakup perencanaan program, kelengkapan fasilitas pendukung, proses pelaksanaan, ketercapaian target serta perbandingn kondisi awal dan akhir implementasi. Instrumen evaluasi yang digunakan yaitu lembar catatan pelanggaran siswa dan lembar observasi dalam monitoring pelaksanaan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | RESTI WILIANI |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:21 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |