DESWITA, DESWITA PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SAINS MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN 202/I KEMBANG SERI KECAMATAN MARO SEBO ULU. PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SAINS MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN 202/I KEMBANG SERI KECAMATAN MARO SEBO ULU. (Submitted)
|
Text
artikel.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN SAINS MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN 202/I KEMBANG SERI KECAMATAN MARO SEBO ULU DESWITA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Metode demonstrasi adalah metode penyajian bahan pelajaran dengan mempergunakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sebagai tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Dengan metode demonstrasi proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna. Siswa juga dapat mengamati dan memperhatikan apa yang diperlihatkan selama pembelajaran belangsung, sehingga siswa lebih memahami pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran sains materi struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya siswa kelas IV SDN 202/I Kembang Seri Kecamatan Maro Sebo Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV SDN 202/I Kembang Seri Kecamatan Maro Sebo Ulu, metode demonstrasi sangat tepat digunakan untuk pembelajaran sains. Guru dan siswa sudah mampu melakukan Tahap-tahap pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa terlihat baik. Selain itu siswa dapat berinteraksi dan benar-benar memahami materi. Namun dalam proses pembelajaran terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru. diantaranya yaitu terbatasnya sumber belajar, alat pelajaran, media pembelajaran, situasi yang sering tidak mudah diatur dan terbatasnya waktu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran sains di SDN 202/I Kembang Seri Kecamatan Maro Sebo Ulu sudah terlaksana dengan cukup baik, terbukti dengan adanya sebagian langkah-langkah kegiatan demonstrasi sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru, seperti mempersiapkan dan mengkondisikan siswa untuk belajar, mengabsen, berdoa dan memotivasi siswa, menyampaikan tujuan dan materi pembelajaran, sampai pada kegiatan evaluasi. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Sains
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | DESWITA |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 08:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 08:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2304 |
Actions (login required)
View Item |