EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) KERAMBA JARING APUNG SUNGAI BATANGHARI KABUPATEN MUARO JAMBI

Pranata, Satria Afnan and Johannes, Johannes and Musnaini, Musnaini (2021) EFISIENSI PEMASARAN IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS) KERAMBA JARING APUNG SUNGAI BATANGHARI KABUPATEN MUARO JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Judul.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (922kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (922kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pusatak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan saluran pemasaran, marjin pemasaran, farmer’s share, dan elastisitas transmisi harga dari produk ikan Nila Keramba Jaring Apung (KJA) Sungai Batanghari di kabupaten Muaro Jambi. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analisis, responden dipilih secara acak untuk pembudidaya dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat saluran pemasaran ikan nila yaitu 1: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Besar, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 2: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 3: Pembudidaya, Pedagang Besar, Pedagang Kecil, Pedagang Eceran, 4: Pembudidaya, Pedagang Pengumpul, Pedagang Eceran. Marjin pemasaran pada saluran pemasaran 1: Rp. 8.500/kg, saluran pemasaran 2: Rp 8.500/kg, saluran pemasaran 3: Rp. 6.500/kg, dan saluran pemasaran 4 : Rp. 7.000/kg. Nilai farmer’s share terbesar terdapat pada saluran 4 sebesar 76,7%, selanjutnya adalah pada saluran 3 sebesar 74,8%, dan saluran pemasaran 1 dan 2 masing2 sebesar 72,6%. Nilai elastisitas transmisi harga senilai 1,59 atau lebih dari 1, menggambarkan bahwa pemasaran yang terjadi pada pemasaran ikan nila KJA sungai Batanghari merupakan pemasaran persaingan tidak sempurna, dan menunjukan kekuatan monopoli atau oligopoli dalam sistem pemasaran teresebut, dengan kata lain sistem pemasaran yang berlangsung belum efisien. Dan di era teknologi digital yang semakin maju seperti sekarang ini, sebaiknya para pembudidaya dan lembaga pemasaran ikan nila memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk ikan nila, sehingga jaringan pemasaran bisa efisien dan efektif. Kata kunci : Efisiensi, Pemasaran, ikan nila, saluran, marjin

Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Q Science > Q Science (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: SATRIA AFNAN PRANATA
Date Deposited: 16 Jul 2021 02:08
Last Modified: 16 Jul 2021 02:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23068

Actions (login required)

View Item View Item