Pengembangan Tes Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Gelombang

Paramitha, Diyen (2021) Pengembangan Tes Diagnostik Four-Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Gelombang. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
COVER.pdf

Download (11kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan tes diagnostik four tier dan kualitas tes diagnostik four tier yang telah dikembangkan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi Gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan desain model 4D (four D model) namun pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (Develop). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi yang mengisi google form berjumlah 108 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrumen, lembar validasi ahli, dan wawancara. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan uji validitas (validitas isi dan validitas konstruk) dan reliabilitas. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan analisis secara manual menggunakan data yang diperoleh dari lembar validasi ahli dan wawancara. Hasil produk yang dikembangkan berupa instrumen yang terdiri dari 12 item. Hasil validasi dari validator pertama tes diagnostik four tier dikatakan sangat baik dengan persentase uji kelayakan oleh ahli sebesar 83%, sedangkan validasi dari validator kedua berkategori baik yaitu dengan persentase sebesar 78,3%. Uji validitas isi dapat dilihat dari persentase false positive (FP), false negative (FN), dan lack of knowledge (LK) dengan masing-masing persentase yaitu 14%, 14%, dan 21%, karena lebih besar dari 10% maka validitas isi secara kuantitatif tergolong rendah. Sedangkan nilai validitas konstruk setiap item pada instrumen dilakukan dengan analisis faktor diperoleh semua item memiliki nilai loading diatas 0,3 yang berarti semua item valid. Nilai reliabilitas instrumen sebesar 0,435 yang berada pada kategori cukup.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Diyen Paramitha
Date Deposited: 21 Jul 2021 07:01
Last Modified: 21 Jul 2021 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

View Item View Item