Afrianita, Liza (2021) Pengembangan Tes Diagnostik Miskonsepsi Berbentuk Four-Tier pada Materi Listrik Statis. S1 thesis, Pendidikan Fisika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
Abstract
Miskonsepsi adalah penafsiran konsep yang tidak sesuai dengan pengertian konsep ilmiah. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa apabila tidak diatasi dapat berpengaruh pada konsep berikutnya dan mengganggu hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan instrumen yang dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa salah satunya yaitu instrumen tes diagnostik four-tier. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan produk berupa tes diagnostik berbentuk four-tier pada materi listrik statis, (2) untuk mengetahui bagaimana kualitas produk tes diagnostik berbentuk four-tier pada materi listrik statis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 9 Kota Jambi. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan instrumen, lembar validasi ahli, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan uji validitas yang terdiri dari validitas isi dan validitas konstruk dan uji reliabilitas. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan melakukan analisis secara manual dari hasil lembar validasi ahli dan wawancara siswa. Produk akhir pengembengan yakni instrumen tes diagnostik miskonsepsi four-tier yang dikembangkan dari tes diagnostik one-tier dengan alasan terbuka kemudian dilakukan uji coba serta perbaikan instrumen sehingga didapatkan hasil akhir berjumlah 13 item. Instrumen dikembangkan telah memenuhi validitas isi secara kualitatif dengan meminta bantuan validator. Untuk validitas isi secara kuantitaif dengan perhitungan persentase nilai False Positif (FP), False Negatif (FN), dan Lack of Knowledge (LK) untuk setiap item didapatkan hasil persentase FP, FN, dan LK > 10% yang artinya validitas isi secara kuantitatif rendah. Untuk analisis validitas konstruk dari 13 item soal dengan melakukan analisis faktor didapatkan nilai loading untuk semua item > 0.3 yang artinya semua item valid. Reliabilitas instrumen tes diagnostik miskonsepsi four-tier yang dikembangkan dikategorikan rendah karena nilai reliabilitas yang didapatkan sebesar 0.334.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LIZA AFRIANITA |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 07:00 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 07:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |