PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA

Fajar N, Ditya (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MIPA SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_Ditya Fajar N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang berfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan juga teori kimia serta keterkaitannya antar ilmu kimia dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan sebuah masalah. Dalam ilmu kimia ini juga terdapat karakteristik berupa level makroskopik, submikroskopik dan simbolik yang saling berkaitan. Multiple representasi merupakan sebuah bentuk representasi yang memadukan antara teks, gambar nyata ataupun grafik yang bersesuaian dengan tiga karakteristik ilmu kimia. Multiple representasi memiliki fungsi yaitu, memberikan representasi yang berisi informasi pelengkap dari proses kognitif, pembatas interpretasi dan pembangun pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-LKPD berbasis Multiple Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMA setya mengetahui bagaimana penilaian guru dan respon siswa terhadap bahan ajar e-LKPD yang dikembangkan di kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan peneltian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan sebatas kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase) dan analisis data kualitatif (komentar dan saran). Hasil dari penelitian diperoleh dari ahli materi dan ahli media, masing-masing diperoleh rerata skor penilaian sebesar 4,28 (sangat layak) dengan persentase 85,6% ; 4,45 (sangat layak) dengan persentase 89% serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian dari dua guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,8 (sangat baik) dengan persentase 96% dan 4,86 (sangat baik) dengan persentase 77,2%% dengan nilai Measure of Agreement Kappa yaitu 0,762 (sangat baik) Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 89 %. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar e-LKPD ini sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi Kesetimbangan Kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: DITYA FAJAR NURSAHFITRI
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:46
Last Modified: 26 Jul 2021 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23250

Actions (login required)

View Item View Item