ELEKTRODEPOSISI Zn DAN EKSTRAK GETAH MERKUBUNG (Macaranga gigantea) PADA BAJA LUNAK UNTUK MENGINHIBISI KOROSI DALAM LARUTAN ASAM SULFAT

Siregar, Debora (2021) ELEKTRODEPOSISI Zn DAN EKSTRAK GETAH MERKUBUNG (Macaranga gigantea) PADA BAJA LUNAK UNTUK MENGINHIBISI KOROSI DALAM LARUTAN ASAM SULFAT. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Draft Skripsi Debora Siregar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan industri, penggunaan baja semakin meningkat. Namun baja memiliki kelemahan yaitu mudah teroksidasi sehingga dapat mengalami korosi. korosi merupakan proses yang terjadi secara alami yang tidak dapat dihindari, tetapi laju korosinya dapat diturunkan. Beberapa upaya telah dilakukan salah satunya dengan menambahkan inhibitor korosi. ekstrak getah Macaranga gigantea berpotensi menjadi inhibitor korosi pada baja lunak karena mengandung senyawa metabolit sekunder salah satunya tanin. Penentuan efisiensi inhibisi baja lunak dilakukan melalui proses elektrodeposisi dengan larutan ZnSO4 yang ditambahkan ekstrak getah Macaranga gigantea dalam larutan asam sulfat dengan variasi konsentrasi ekstrak Macaranga gigantea, waktu elektrodeposisi dan suhu. Penentuan nilai efisiensi inhibisi korosi mengguanakan metode kehilangan berat. Untuk memperkuat hasil penelitian dilakukan karakterisasi SEM untuk mengamati morfologi permukaan hasil lapisan dan FTIR untuk mengamati gugus fungsi yang terdapat pada ekstrak getah Macaranga gigantea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efisiensi inhibisi korosi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya konsentrasi ekstrak getah Macaranga gigantea dan waktu elektrodeposisi sedangkan nilai laju korosi semakin menurun. Namun, efisiensi inhibisi korosi akan semakin menurun seiring dengan meningkatnya suhu. Nilai efisiensi inhibisi maksimum diperoleh pada penambahan ekstrak getah Macaranga gigantea 2,5 g/L dengan waktu elektrodeposisi 30 menit yaitu 77,61%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Depositing User: debora siregar
Date Deposited: 21 Jul 2021 02:27
Last Modified: 21 Jul 2021 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item