STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI

Nurleni, Nurleni STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
artikel (1).pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK KECAMATAN TELANAIPURA KOTA JAMBI Oleh: Nurleni A1f113020 Program S1 Pgpaud Fkip Universitas Jambi ABSTRAK Nurleni. 2017.Strategi guru dalam membimbing perkembangan kognitif anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota JambiTahun Ajaran2016/2017. Skripsi,Jurusan Pendidikan GuruPendidikanAnakUsia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan,M.Pd Pemimbing II. Dr.K.A.Rahman,M.Pd Kata kunci: Strategi Guru,Kognitif. Strategi merupakan segala usaha yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran disekolah demi mencapai tujuan tertentu. Sedangkan perkembangan kognitif adalah perkembangan otak dimana digunakan untuk berfikir berkembang secara bertahap dan berjalan sesuai dengan perkembangan fisik manusia. Fokus permasalah dalam penelitian ini untuk mengetahui berada pada kualitas mana dari (6) strategi guru.Penelitian ini bertujuan untuk(1) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran yang berpusat pada anak (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran melalui bermain (3) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran bercerita (4) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran bernyanyi (5) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran terpadu (6) Mendeskripsikan strategi guru dalam membimbing perkembangan kogitif anak melalui strategi pembelajaran majemuk.Penelitian ini dilaksanakan dari tangal 28 Juli sampai 28 September 2017. Metode penarikan sampel menggunakan total sampling yaitu jika populasi <100 maka sampel diambil seluruhnya. Dalam penelitian ini menggunakan skala Guttman dan menggunakan rumus persentase. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kuantatif. Dalam Penelitian ini adalah guru di TK Pertiwii II, TK Al- muttaqin,TK Al-falah,TK Al-aqsha,TK Nurul ilmi,TK An-nahl,dan TK Al-azhar kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket yang berisi 30 pertanyaan dan disebarkan kepada 88 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan,dapat dihasilkan bahwa strategi guru dalam membimbing perkembangan kognitif anak di TK Kecamatan Telanaipura Kota Jambi berada pada kualitas “ Baik”. Terbukti dari hasil rata-rata bobot 69,7%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator,maka dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam membimbing perkembangan kognitif anak yang berhubungan dengan strategi pembelajaran berpusat pada anak berada pada kualitas “Baik” (72,35%), strategi pembelajaran melalui bermain berada pada kualitas “Baik” (70,08%),strategi pembelajaran melalui bercerita berada pada kualitas “Baik” (73,0%), strategi pembelajaran melalui bernyanyi berada pada kualitas “Baik” (72,2%), strategi pembelajaran terpadu berada pada kualitas “Baik” (66,7%), dan strategi pembelajaran melalui kecerdasan majemuk berada pada kualitas “Baik” (66,9%). Dari hasil penelitin ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak sekolah dan guru,hendaknya membuat pembelajaran disekolah menjadi lebih menyenangkan bagi anak dan kualitas strategi guru meningkat menjadi lebih baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURLENI
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:00
Last Modified: 23 Oct 2017 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item View Item