Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Berperilaku Mahasiswa Administrasi Pendidikan Melalui Theory of Reasoned Action (TRA) dalam Menggunakan E-learning

Sitorus, Novtasi Lediani and Saudagar, Ferdiaz and Denmar, Denny (2021) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Berperilaku Mahasiswa Administrasi Pendidikan Melalui Theory of Reasoned Action (TRA) dalam Menggunakan E-learning. S1 thesis, Universitas Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat berperilaku mahasiswa Administrasi Pendidikan melalui Theory of Reasoned Action (TRA) dalam menggunakan e-learning. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian cross-sectional study. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Administrasi Pendidikan angkatan 2019-2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik simple random sampling sebanyak 116 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh sikap (attitude toward behavior) terhadap niat berperilaku (behavior intention) dengan nilai thitung 13,879 sedangkan ttabel 1,981 diperoleh hasil bahwa 13,879 > 1,981 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X1 terhadapY yaitu 62,8%; 2) terdapat pengaruh norma subjektif (subjective norm) dengan nilai thitung 16,876 sedangkan ttabel 1,981 diperoleh hasil bahwa 16,876 > 1,981 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X2 terhadap Y yaitu 71,4%; 3) terdapat pengaruh sikap (attitude toward behavior) dan norma subjektif (subjective norm) terhadap niat berperilaku (behavior intention) dengan nilai Fhitung 166,054 sedangkan Ftabel 3,08 diperoleh hasil bahwa 166,054 > 3,08 maka H0 ditolak dan Ha diterima, besarnya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y yaitu 74,6%. Hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi peneliti dan mahasiswa. Meningkatkan dan mendukung proses pembelajaran dalam menggunakan e-learning, serta memperluas pengalaman belajar dan semangat belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Sitorus
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:38
Last Modified: 23 Jul 2021 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item