HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI MOBILE JKN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN KOTA JAMBI

SARI, MUTIA KUMALA (2021) HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN PADA APLIKASI MOBILE JKN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN KOTA JAMBI. S1 thesis, Kesehatan Masyaraka.

[img] Text
SKRIPSI FUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (193kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (457kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (414kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang : Saat ini BPJS kesehatan menerapkan satu transformasi digital dalam bentuk aplikasi mobile JKN. Dengan hadirnya Mobile JKN diharapkan mampu memberi kemudahan akses serta pelayanan yang lebih optimal bagi peserta. Dengan Mobile JKN, peserta dapat lebih mudah mengakses beragam informasi terkait program JKN-KIS dengan mudah dan cepat, serta dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan pada aplikasi mobile JKN dengan tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan Kota Jambi Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan metode penelitian non-ekperimen dengan desain cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan aplikasi mobile JKN yaiyu berjumlah 9.846 peserta dan sampel berjumlah 100 responden. Variabel independent yaitu kualitas layanan aplikassi mobile JKN dan variabel dependen yaitu tingkat kepuasan peserta BPJS Kesehatan Kota Jambi. Uji statistic yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil : Dari hasil penelitian terdapat gambaran kualitas layanan aplikasi mobile JKN di BPJS Kesehatan Kota Jambi Sebagian besar dengan kualitas layanan yang baik yaitu 53 responden (53.0%), gambaran tingkat kepuasan peserta BPJS di BPJS Kesehatan Kota Jambi Sebagian besar dengan tingkat kepuasan yang puas yaitu 76 responden (76.0%). Dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas layanan pada aplikasi mobile JKN dengan tingkat kepuasaan peserta BPJS Kota Jambi. Dengan hasil p-value 0.000 (< 0.05) Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan pada aplikasi mobile JKN dengan tingkat kepuasaan peserta BPJS Kota Jambi. Kata kunci : kualitas layanan aplikasi mobile JKN, tingkat kepuasan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mutia Kumala Sari
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:05
Last Modified: 19 Jul 2021 08:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item