ZAHIDIN, ADI AKHMAD TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PROSES PEMBELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII C DI KELAS VIII C SMPN 26 MUARO JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Zahidin, Adi Akhmad. 2017. Tindak Tutur Direktif dalam Kegiatan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII C SMPNegeri 26 Muaro Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing 1 Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M. Pd, Pembimbing 2 Drs. Imam Suwardi, M. Pd. Kata-kata kunci: pragmatik, tindak tutur, tindak tutur direktif, Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur direktif yang ada dalam dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII C SMPN 26 Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan yang di dalamnya terdapat tindak tutur direktif dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dan sumber data dalam penelitian ini guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Muaro Jambi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik simak ditentukan dengan cara mendengarkan dengan teliti, sedangkan teknik catat dilakukan dengan cara membuat catatan-catatan sesuai dengan apa yang dituturkan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIIIC SMP Negeri 26 Muaro Jambi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pragmatik dengan teknik heuristik. peneliti bertindak sebagai human instrument yang berfungsi untuk menetapkan fungsi ciri penelitian, memilih objek sumber data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas hasil temuannya. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi peneliti. Triangulasi peneliti dilakukan dengan meminta bantuan ahli pragmatik yaitu Prof. Dr. Mujiyono Wiryotinoyo, M.Pd. untuk mengoreksi kembali data yang telah ditemukan untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu, 5 jenis tindak tutur direktif, meliputi tindak tutur meminta, memerintah, mengajak, menyarankan dan menagih. Masing masing tindak tutur terdiri dari banyak tuturan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada para peneliti selanjutnya untuk meneliti tindak tutur direktif di tempat-tempat yang lain, demi pengembangan penelitian pragmatik khususnya tindak tutur direktif. kepada Pada para guru penulis menyarankan agar para guru dapat menjadikan penelitian ini sebagai referensi untuk menggunakan tuturan direktif yang sesuai untuk dituturkan kepada murid, dan kepada siswa penulis menyarankan agar siswa mempelajari dan mengenal tindak tutur direktif dan makna tuturan demi menambah pengetahuan tentang ilmu bahasa indonesia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ADI AKHMAD ZAHIDIN |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 03:09 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |