JULISAFITRI, REVI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI JAMUR DI KELAS X MIASMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. (Submitted)
Text
RRA1C412033 ARTIKEL.pdf Download (605kB) |
Abstract
Abstrak. Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Biologi di SMA Negeri 7 Kota Jambi disebabkan karena siswa beranggapan bahwa biologi memiliki materi pelajaran yang bersifat menghafal, selain itu siswa sering tidak fokus pada materi dan tujuan pembelajaran sehingga hasil akhir pembelajaran juga belum optimal, terutama pada materi jamur.Salah satu upaya memecahkan masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MIA di SMA Negeri 7 Kota Jambi pada aspek afektif, kognitif dan psikomotor.Jenis penelitian ini adalah true eksperimen, rancangan yang digunakan adalah posttest-only control design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017.Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling.Jumlah sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, angket dan praktikum disesuaikan dengan tiga aspek dari hasil belajar yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t.Adapun untuk hasil belajar kognitif thit=1,775 dan ttabel=1,6749. Untuk aspek afektif thit = 1,762 dan ttabel = 1,6749. Pada aspek psikomotorthit = 1,931 dan nilai ttabel = 1,6749. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi pada aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Jamur, Hasil Belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | REVI JULISAFITRI |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 03:09 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 03:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2370 |
Actions (login required)
View Item |