ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN RATIONAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI

Mulyawati, Novrike ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN RATIONAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Matematika. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (324kB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus mendapatkan penekanan di setiap jenjang pendidikan. Pentingnya koneksi matematis bagi siswa diantaranya adalah keterkaitan antara konsep-konsep matematika yaitu berhubungan dengan matematika itu sendiri dan keterkaitan antara matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa dengan tipe kepribadian Rational lebih suka penjelasan dengan logika dan mampu menangkap abstraksi dengan baik serta menyukai materi dengan intelektualitas tinggi sehingga akan memudahkan siswa dalam menyelesaikan soal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian Rational dalam menyelesaikan soal pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP N 5 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa tipe kepribadian Rational di kelas VIII B tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian The Keirsey Four Types Sorter, lembar soal koneksi matematis materi teorema Pythagoras dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa tipe kepribadian Rational masih rendah. Hasil dari pekerjaan siswa tipe kepribadian Rational dalam menyelesaikan soal, hanya satu siswa yang memenuhi dua dari tiga indikator kemampuan koneksi matematis. Tiga siswa lainnya tidak memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan koneksi siswa tipe Rational yaitu siswa tipe Rational belum jelas menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan ketika menyelesaikan soal, serta siswa yang menguasai konsep matematika tidak dengan sendirinya pintar dalam mengoneksikan matematika.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Novrike Mulyawati
Date Deposited: 25 Oct 2017 07:14
Last Modified: 25 Oct 2017 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item