Hadiani, Abdul Hamid (2021) STRATEGI HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH DI SMA IT NURUL ‘ILMI JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hadiani, Abdul Hamid, 2021. Strategi Humas Dalam Membangun Citra Sekolah Di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Akmal Sutja, M.Pd., (II) Dr. Firman, M.Si. Kata Kunci : Peran Humas, Citra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas dalam membangun citra sekolah di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian Kepala Sekolah dan Waka Humas SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi humas dalam membangun citra sekolah di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi dalam rangka dilaksanakan sesuai prosedur yang ditetapkan, akan tetapi dalam pelaksanaannya belum dapat dilakukan secara terstruktur. Hal ini dapat di lihat dari beberapa peran humas yaitu : peran humas sebagai komunikator, peran humas sebagai pembina hubungan, dan peran humas sebagai pembentuk citra (corporate image). Media humas yang digunakan di SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi terfokus pada penggunaan media sosial hal ini dapat dilihat pada akun-akun media sosial SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Untuk hubungan kerjasama masih perlu ditingkatkan mengingat banyak sekali program yang harus dilakukan yang melibatkan banyak pihak di luar SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi. Kemudian kendala yang dihadapi humas dalam rangka membangun citra sekolah SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi yaitu : 1) fungsi humas belum berfungsi secara maksimal karena pengurus humas mempunyai fungsi ganda yaitu merangkap sebagai guru mata pelajaran, 2) terbatasnya jangkauan yang dimiliki humas yang kadang tidak dapat melayani publik eksternal secara maksimal, 3) sumberdaya humas yang terbatas. Sasaran hubungan masyarakat adalah publik internal yaitu seluruh warga sekolah meliputi Kepala Sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, siswa-siswi SMA IT Nurul ‘Ilmi Jambi, publik eksternal meliputi orang tua atau wali murid, masyarakat dan lembaga terkait. Upaya humas untuk mengatasi kendala tersebut adalah pembuatan job description humas dan penambahan anggota humas agar humas dapat menjalankan dengan baik tugas sebagai humas dan peran sebagai guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ABDUL HAMID HADIANI |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 02:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |