Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi

Naili ZF, Qori and Susanti, Nova and Jufrida, Jufrida (2021) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER QORI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB 1 QORI.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 5 QORI.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Naili ZF, Qori. 2021. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Menggunakan Flip Pdf Professional pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si. (II) Dra. Jufrida, M. Si. Kata kunci: Modul Elektronik, Flip Pdf Professional, Suhu dan Kalor Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat pada siswa dalam mempelajari materi Suhu dan Kalor. Terdapat kesulitan pada siswa yang disebabkan bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan siswa tersebut, membuat modul elektronik menggunakan Flip Pdf professional pada materi suhu dan kalor akan sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran secara mandiri. Proses permbelajaran secara mandiri berguna untuk memahami konsep serta melatih siswa dalam memecahkan soal secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan produk media pembelajaran fisika dengan menggunakan program Flip Pdf Profesional pada pokok bahasan Suhu dan Kalor untuk siswa SMA kelas XI. (2) mengetahui persepsi siswa terhadap Flip Pdf Profesional pada pokok bahasan Suhu dan Kalor untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini yaitu terdiri dari analysis (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Setelah tahap validasi selesai kemudian diujicobakan untuk mengetahui persepsi siswa terkait modul tersebut. Untuk uji coba penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XI IPA SMA Adhyaksa 1 Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi materi, angket validasi media dan angket persepsi siswa. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah modul elektronik pembelajaran fisika produk tersebut divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dan dilakukan revisi produk berdasarkan saran-saran ahli serta dinyatakan layak untuk diujicobakan. Hasil persepsi siswa diperoleh skor yaitu pada modul diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,36 %, dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan ini layak dijadikan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi suhu dan kalor. Keunggulan dari modul elektronik ini yaitu memiliki tampilan yang sederhana dan konsisten, materi yang disajikan di dalam modul elektronik mengacu kepada silabus, video yang disajikan di dalam modul elektronik ini sederhana dan mudah dimengerti, dan tes formatif yang disajikan pada modul elektronik ini langsung disertakan nilai hasil jawaban siswa. Sehingga dengan menggunakan modul elektronik ini siswa dapat mempelajari materi dengan mudah dan membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: QORI NAILI ZAHROTUL FUADA
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:43
Last Modified: 22 Jul 2021 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item View Item