PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 5 KOTA JAMBI

Siswantoyo, Siswantoyo (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMPN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, PIPS.

[img] Text
SKRIPSI SISWANTOYO (A1A316021).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (217kB)
[img] Text
HAL. PERSETUJUAN & PENGESHAAN.pdf

Download (642kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Siswantoyo, Siswantoyo. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis VideoScribe dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 5 Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Irwan, M.Pd (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis VideoScribe, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa kelas VIII di SMPN 5 Kota Jambi pada mata pelajaran PPKn yang berdampak pada hasil atau tujuan belajar yang tidak sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis videoscribe dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 5 Kota Jambi. Penlitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket). Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22, terbukti bahwa variabel media pembelajaran berbasis videoscribe (X1) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai thitung sebesar 0,12072 > ttabel 0,2441 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya variabel motivasi belajar (X2) nilai thitung sebesar 0,12677 > ttabel 0,2441. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (Y), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian media pembelajaran berbasis videoscribe (X1) dan motivasi belajar (X2) secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai Sig. sebesar 0,000. Karena nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain media VideoScribe (X1) dan motivasi belajar (X2) secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar (Y).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Siswantoyo
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:06
Last Modified: 23 Jul 2021 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24016

Actions (login required)

View Item View Item