pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi

Arlina, Yuni (2021) pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arlina, Yuni. 2021. Pengaruh reward dan punishment terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA., M.Si, (II) Dra. Refnida, M.E. Kata kunci : Reward, punishment, Motivasi belajar Motivasi belajar adalah dorongan dalam diri individu untuk melakukan kegiatan belajar untuk menambah pengetahuan agar tujuan belajar tercapai. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Dilihat dari banyaknya siswa yang mengabaikan pelajaran yang sedang berlangsung dan be-berapa faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara: 1) Re-ward terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi, 2) Pun-ishment terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi, 3) Reward dan Punishment Terhadap Motivsi Belajar Siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode ex post facto. Adapun populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 50 orang. Terknik pengumpulan data menggunakan angket dengan bantuan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh signifikan ter-hadap reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang menun-jukan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,748 > 1,67722. (2) Terdapat pengaruh signif-ikan terhadap punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 5,996 > 1,67722. (3) Terdapat pengaruh simultan reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. sebesar 0,645 atau 64,5% motivasi belajar siswa ditentukan oleh Reward dan Punishment se-dangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini reward (X1), dan punishment (X2) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (Y) siswa kelas X SMA PGRI 2 Kota Jambi. Dari hasil simpulan disarankan agar siswa untuk terus meningkatkan reward dan punishment untuk mendapatkan motivasi belajar yang optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: YUNI ARLINA
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:07
Last Modified: 23 Jul 2021 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24068

Actions (login required)

View Item View Item