Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi

Shintia, Rinda (2021) Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (52kB)
[img] Text
halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang melakukan pembelian untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya namun seringkali terjadi ketika pergi ke suatu pusat perbelanjaan terjadinya pembelian yang tidak terencana, hal tersebut terjadi karena adanya motivasi belanja hedonis bahkan terpengaruh karena display produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel pengaruh motivasi belanja hedonis dan display produk terhadap keputusan pembelian impulsif mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2018-2018 Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitan dengan pendekatan kuantitatif dengan dan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling dengan jumlah sampel 209 mahasiswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian impulsif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t , terlihat bahwa thitung > ttabel dengan nilai 3,377 > 1,6523. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa motivasi belanja hedonis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. (2) Terdapat pengaruh display produk terhadap keputusan pembelian impulsif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t, terlihat bahwa thitung > ttabel dengan nilai 3,130 >1,6523 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti display produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif mahasiswa. (3) Terdapat pengaruh motivasi belanja hedonis dan display produk terhadap keputusan pembelian impulsif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji F dimana nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan nilai 14,080 > 3 dan nilai (sig) lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau 0,000 < 0,05. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa variabel bebas yaitu motivasi belanja hedonis dan display produk secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian impulsif mahasiswa. Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dikemukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belanja hedonis dan display produk terhadap keputusan pembelian impulsif mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2018-2019 Universitas Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini, faktor-faktor lain apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian impulsif serta menggunakan sampel yang berbeda sehingga wawasan menjadi lebih luas.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rinda Shintia
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:13
Last Modified: 23 Jul 2021 03:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24074

Actions (login required)

View Item View Item