pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2020/2021

Rizky, Novita (2021) pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi pada siswa kelas XII IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi tahun pelajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA RIZKY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (42kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (736kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari variabel Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kebiasan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Pada Siswa Kelas XII IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi yang berjumlah 49 siswa sebagai responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus atau sampling total, karena seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dalam penelitian ini teknik analisis regresi linear berganda digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 2,950 > 1,678. maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. 2) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil uji t, terlihat bahwa nilai thitung > ttabel yakni 3,269 > 1,678. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. 3) terdapat pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. hal ini dapat terlihat melalui hasil uji F dimana nilai Fhitung > Ftabel yakni 11,012 > 3,2. Maka H0 ditolak, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis serta hasil pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa kelas XII IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya perlu diadakan penelitian lanjutan terkait faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: NOVITA RIZKY
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:03
Last Modified: 23 Jul 2021 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item