PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK KELAS XI SMA

Sinabariba, Anggreini Sales Tina (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK KELAS XI SMA. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF UNTUK KELAS XI SMA. pp. 1-9.

[img] Text
ARTIKEL NEW ANGGREINI.pdf

Download (701kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia. Pada abad ke 21 kebutuhan akan pendidikan juga semakin meningkat. Terjadi perubahan global dalam hal ini perkembangan teknologi terutama yang berhubungan dengan sistem pendidikan di sekolah yaitu dengan pengadaan variasi media pembelajaran. Biologi merupakan ilmu pengetahuan dasar yang telah banyak mengalami perkembangan dari segi materi yang akan disampaikan maupun penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari siswa menganggap bahwa materi biologi sangat rumit dan sulit dipahami, oleh karena itu pemanfaatan media pembelajaran merupakan langkah yang baik untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan macromedia flash 8 pada materi sistem saraf untuk kelas XI SMA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi) dan data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen yang digunakan berupa lembaran angket. Hasil dari penelitian adalah sebuah produk media pembelajaran sistem saraf, produk dikemas dalam CD (Compact disc). Data hasil validasi ahli materi diperoleh skor 81,25% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi ahli media diperoleh skor 95% dengan kategori sangat baik. Media hasil validasi selanjutnya direvisi sesuai saran tim ahli. Ujicoba dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi, respon guru mata pelajaran biologi diperoleh skor 86,66% kategori sangat baik, ujicoba kelompok kecil dengan melibatkan 6 orang siswa diperoleh skor 96,38% kategori sangat baik selanjutnya pada ujicoba kelompok besar dengan melibatkan 30 siswa diperoleh skor 88,77% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini layak digunakan dalam proses pembelajaran biologi baik di sekolah maupun pembelajaran secara mandiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGREINI SALES TINA SINABARIBA
Date Deposited: 26 Oct 2017 06:54
Last Modified: 26 Oct 2017 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item