UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS I SD. NEGERI 149/IV KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI.

Mirwana, Pena UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS I SD. NEGERI 149/IV KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. JURNAL PENDIDIKAN LIPNAS, 3 (1). pp. 1-15. ISSN 2686-1402

[img] Text
COVER PDF.pdf

Download (286kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN_Pena Mirwana.pdf

Download (235kB)
[img] Text
PEMBIMBING.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (140kB)
[img] Text
bab 5 (1).pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 149/IV KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI oleh : PENA MIRWANA NIM : P2A618040 ( PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR) Pembelajaran membaca di kelas I merupakan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan membaca teknik ,yang terbatas pada kewajaran ,lafal,dan intonasi siswa.Kemampuan membaca permulaan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjut .peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan membaca permulaan untuk kelas I SD Negeri 149/IV Kota Jambi sehingga siswa aktif pada saat proses belajar mengajar ( PBM)dan hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskiptif .penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I sampai siklus II dimana partisipan penelitian adalah siswa kelas I SDN 149/IV kota Jambi yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatandalam membaca permulaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas I Sekolah Dasar Negeri 149/IV kota Jambi .setelah menggunakn Metode SAS pada siklus I pertemuan pertama,sebesar 57,4 dengan kategori kurang kemudian meningkat pada pertemuan kedua menjadi 67.2 dengan kategori kurang.pada siklus II kemampuan siswa semakin meningkat terlihat pada pertemuan pertama sebesar 78.2 dengan kategori cukup dan meningkat kembali pada pertemuan kedua sebesar 85,6 dengan kategori baik.Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN.149/IV Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi ,antara lain (1) Mengenal Huruf dan bunyi huruf (2) Menggabungjan Huruf menjadi suku kata (3) Menggabungkan suku kata menjadi kata (4) Menggabungkan Kata menjadi Kalimat (5) Membaca lancar kalimat sederhana ,Ranah impementasi pembelajaran melalui metode SAS membawa pengaruh yang sangat baik dan cocok untuk diterapkan disekolah Dasar terutama pembelajaran membaca permulaan kelas I SD .Berdasarkan penelitian tersebut disarankan Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunkan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik) kata kunci : Bahasa Indonesia ,Metode SAS Struktural Analitik Sintetik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: PENA MIRWANA
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:42
Last Modified: 23 Jul 2021 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24094

Actions (login required)

View Item View Item