ALPIN, TRI KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI BERDASARKAN TAYANGAN KICK ANDY. KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI BERDASARKAN TAYANGAN KICK ANDY. (Submitted)
Text
ARTIKEL.pdf Download (383kB) |
Abstract
ABSTRAK Alpin, Tri. 2017. Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi Berdasarkan Tayangan Kick Andy. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dra.Rasdawita, M.M., Pembimbing (II) Drs. H. Larlen, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Berita, Tayangan Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII A SMP N 30 Muaro Jambi berdasarkan tayangan kick Andy. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dipakai untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Dalam menulis dibutuhkan kemampuan menggunakan kaidah-kaidah dan cara menulis yang baik, sehingga apa yang ditulis dapat dimengerti dengan baik oleh pembaca Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini dikatakan penelitian deskriptif karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara objektif, apa adanya sesuai dengan fakta yang ada, penelitian ini juga menyajikan data,menggunakan penelitian kuantitatif karena penelitian ini menggunakan data berupa angka-angka hasil perhitungan yang diproses melalui pengklasifikasian, penjumlahan, dan perolehan hasil berupa persentase sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Instrumen Penelitian dalam penelitian ini adalah tugas menulis berita. Lokasi penelitian di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data dalam penelitian ini adalah hasil tulisan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi berdasarkan tayangan kick Andy. Sumber data penelitian ini adalah video kick Andi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah (1) peneliti membagi lembar tugas pada siswa sebagai alat pengumpul data(2) peneliti atau guru kelas menjelaskan secara singkat bagaimana mekanisme tugas yang akan dilakukan siswa (3) guru menayangkan video tentang pendidikan di depan kelas (4) siswa ditugaskan menulis berita dengan memperhatikana spek penilaian menulis berita dengan waktu 2 x 40 menit (1 x pertemuan) (5) siswa mengumpulkan tugasnya (6) kemudian meng-copy rangkap dua tiap-tiap tugas siswa tersebut (7) setelah itu peneliti dan guru mengoreksi hasil kerja siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menghitung nilai dari kemampuan menulis berita siswa kelas VIII A berdasarkan tayangan kick Andy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis berita sesuai dalam aspek: kesesuaian antara judul dengan isi sebesar 3,2, dari aspek kelengkapan unsur-unsur berita sebesar 3,9, dari aspek kepaduan sebesar 3,3, dari aspek kalimat efektif sebesar 3,1, dari pilihan kata/diksi sebesar 3,0, dari aspek ketepatan ejaan dan tanda baca sebesar 3,2 dan dari aspek tampilan tulisan sebesar 3,5. Dari hasil penelitian ini disarankan agar para guru bahasa Indonesia SMP khususnya SMP Negeri 30 Muaro Jambi perlu meningkatkan kualitas pengajaran dalam menulis berita, siswa diberikan motivasi untuk lebih berpikir secara kritis terutama terhadap apa yang akan ditulisnya dengan menggunakan berbagai media.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | TRI ALPIN |
Date Deposited: | 26 Oct 2017 06:54 |
Last Modified: | 26 Oct 2017 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2410 |
Actions (login required)
View Item |