irin, javentdo (2021) Pengaruh Keterampilan Komunikasi Guru, Lingkungan Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 14 Kabupaten Muaro Jambi. S2 thesis, Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS).
![]() |
Text
1. COVER - OKE.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK - OKE.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB V - OKE.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - OKE.pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK Irin Javentdo, 2021. Pengaruh Keterampilan Komunikasi Guru, Lingkungan Sekolah Dan Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA Negeri 14 Kabupaten Muaro Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., MSi., Pembimbing (II) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Guru, Lingkungan Sekolah, Budaya Sekolah, dan Hasil Belajar. Peningkatan mutu pendidikan merupakan sasaran pembangunan di bidang pendidikan Nasional dan merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia secara menyeluruh. Dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 dinyatakan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan Penelitian: 1) Untuk menganalisis pengaruh keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; 2) Untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; 3) Untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara parsial; dan 4) Untuk menganalisis pengaruh keterampilan komunikasi guru, lingkungan sekolah, dan budaya sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa secara simultan. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian penjelas (eksplanatory research) yaitu suatu penelitian yang menjelaskan masing-masing variable melalui pengujian hipotesis. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah persamaan regresi linear yang bantu menggunakan alat SPSS 21.0. for windows, yang dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis melalui uji t (parsial), dan uji F (simultan). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Kabupaten Muaro Jambi kelas X dan XI IPS dengan jumlah 168 siswa-siswi yang terdiri dari 6 kelas. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) keterampilan komunikasi guru memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 2) lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; 3) budaya sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar; dan 4) keterampilan komunikasi guru, lingkungan sekolah, dan budaya sekolah secara simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini menjelaskan bahwa jika guru dan sekolah mampu mengimplementasikan keterampilan komunikasi yang efektif, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, serta dapat membentuk budaya sekolah yang baik, maka secara bersama-sama akan mampu meningkatkan hasil belajar siswa disekolah
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Irin Javentdo |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 03:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 03:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |