Hidayah, Uswatun (2020) Peran guru dalam membentuk perilaku belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab dikelaa XI MAN 1 muaro jambi (perspektif teori belajar behavioriatik). S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
SKRIPSI FULL-dikonversi-dikonversi-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
halaman cover.pdf Download (167kB) |
|
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (569kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (75kB) |
Abstract
Kata kunci : peran guru, perilaku belajar, behavioristik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam membentuk perilaku belajar siswa yang baik pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XI MAN 1 Muaro Jambi (perspektif teori belajar behavioristik) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Muaro Jambi pada bulan Juni dan Juli 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Arab, kepala MAN 1 Muaro Jambi dan ketua kelas XI (sebagai data pokok), serta melakukan observasi (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di MAN 1 Muaro Jambi sudah menjalankan perannya dengan baik secara ikhlas dan sabar.Peran guru profesional juga sudah terlihat di MAN 1 Muaro Jambi karena guru tidak hanya menjadi pendidik tetapi juga menjadi pembimbing, pengelola, sebagai evaluator dan peran guru juga sebagai teladan yang baik (uswahhasanah) bagi siswanya. Dalam membentuk perilaku belajar siswa, guru profesional menggunakan beberapa cara yaitu dengan teguran, kegiatan rutin, dengan pembiasaan yang baik dan pembelajaran yang diajarkan guru memuat nilai-nilai karakter (cara bersikap) di dalamnya. Dengan beberapa cara membentuk karakter tersebut, nilai yang sudah terlihat di MAN 1 Muaro Jambi yaitu nilai religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu dan peduli sosial. Dalam pembentukan karakter/perilaku siswa juga terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik dari faktor internal yaitu kebiasaan dan faktor eksternal yaitu lingkungan.Faktor-faktor tersebut menjadi penghambat atau pendukung bagi guru dalam membentuk perilaku belajar yang baik bagi siswa. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih memperbanyak pengajaran melalui tingkah laku guru itu sendiri secara langsung daripada hanya sekedar teori yang akan sedikit lebih sulit untuk diterapkan oleh para siswa. Karena ketika siswa itu melihat sikap apa yang dilakukan oleh guru, maka mereka cenderung lebih menyukai hal itu untuk mereka lakukan juga. Maksudnya adalah ketika guru memberikan contoh sikap yang baik, maka siswa juga akan melakukan hal yang sama dan ini sangat baik untuk membentuk perilaku belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | USWATUN HIDAYAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 07:04 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24118 |
Actions (login required)
View Item |