Naqiyyah, Naqiyyah and Kuntarto, Eko and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI MASA PEMBELARAN DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (73kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (101kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Dalam Penanaman Karakter Disiplin Belajar Dimasa Pandemi SD Negeri 116/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat Kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dimana Rumusan masalah yaitu bagaimana strategi guru dalam penanaman karakter disiplin belajar pada masa pandemi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui yaitu untuk mengetahui strategi guru dalam penanaman nilai karakter disiplin belajar di masa pembelajaran daring. Strategi yang dilakukan Guru SDN 1116/IV Kota Jambi untuk pembentukan karakter yaitu melalui hal-hal yang membuat terbentuknya karakter disiplin belajar tersebut dan pengintegrasian lewat kegiatan sehari-hari yang berupa pemberian keteladanan seperti teguran, nasehat, pengkondisian lingkungan yang menunjang pendidikan karakter, Kendala yang di hadapin guru yaitu berupa kurangnya minat anak maupun kesadaran pada diri anak. Solusinya yaitu berupa memaksimalkan kompetensi guru, mengadakan rapat dengan wali murid sehingga wali murid tahu bagaimana keadaan sekolah, Kedua kerjasama antara orang tua dan guru harus ditingkatkan agar proses pembentukan karakter tercapai. Metode yang dilakukan peneliti adalah metode studi kasus, metode studi adalah meneliti suatu kasus atau fenomena tertentu yang ada dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan, interaksi yang terjadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari kedisplinan siswa dalam pembelajaran kelas IV A cukup baik dalam percobaan tatap muka tersebut,namun ada beberapa peserta didik yang melanggar baik aturan sekolah maupun aturan kelas akibat dari jam belajar mengajar yang sedikit sehingga interaksi guru dengan siswa terbatas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NAQIYYAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 05:49 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |