Geliansyah, Edik (2021) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin Provinsi Jambi. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
cover edik.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
daftar isi edik.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
IMG-20210723-WA0005.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
IMG_20210723_134945.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
bab i edik.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
bab ii edik.pdf Download (604kB) |
![]() |
Text
bab iii edik.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
bab iv edik (1).pdf Download (824kB) |
![]() |
Text
bab v edik.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka edik.pdf Download (271kB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung, yang dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Upaya yang seharusnya dilakukan oleh guru harus lebih meningkat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan media yang efektif, menarik minat siswa untuk belajar dan menjelaskan secara tuntas materi yang akan disampaikan, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora inspire dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Merangin Provinsi Jambi. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian Eksperimen, dan jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental, Rancangan yang akan dipakai adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin yaitu sebanyak 56 siswa. Kelas XI IPS 1 merupakan kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 merupakan kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil tes dari soal posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa maka diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen dengan mean (skor rata-rata) = 84,46, median (skor tengah) = 85, modus (skor yang sering muncul) = 90, dan simpangan baku = 5,501, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol nilai mean (skor rata-rata) = 79,46, median (skor tengah) = 80, modus (skor yang sering muncul) = 80, dan simpangan baku = 7,496. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung = 2,846 dan ttabel = 2,005. Karena thitung>ttabel atau (2,846 > 2,005) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran lectora inspire terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin. Kepada guru agar dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dalam menyampaikan materi. Jangan hanya berceramah karena akan membuat siswa merasa bosan. Penggunaan media pembelajaran dengan berbagai kombinasi akan membuat siswa merasa penasaran dan menjadi antusias dalam kegiatan belajar mengajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | EDIK GELIANSYAH |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 07:12 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |