PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASISKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK KELAS X SMA

IQBAL, MUHAMMAD PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASISKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASISKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN AURORA 3D PRESENTATION PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI UNTUK KELAS X SMA.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH iqbal.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Iqbal, Muhammad.2017. Pengembangan Multimedia Berbasiskan Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Aurora 3D Presentation pada Pokok Bahasan Geometri Untuk Kelas X SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S, (II) Dr. Jefri Marzal, M.Sc Kata Kunci : Pengembangan Multimedia, Pembelajaran Berbasis Masalah, Aurora 3D Presentation, Pemahaman. Permasalahan pembelajaran matematika pada saat ini antara lain, seorang guru seharusnya menggunakan media-media pembelajaran yang bervariatif di dalam proses pembelajaran. kurangnya guru menggunakan media pembelajaran berbasis komputer menyebabkan banyak siswa yang kurang tertarik pada matematika. Dalam hal ini, guru hanya menggunakan buku paket dalam memberikan materi tertentu dan pada materi geometri, guru masih menggunakan media papan tulis dan penggaris dalam hal menggambar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia berbasiskan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Software Aurora 3D Presentation untuk materi geometri kelas X SMA yang valid menurut ahli serta untuk mengetahui respon dan efektifitas dari media tersebut terhadap media yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dan pemberian tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian ahli materi, ahli software, dan ahli media, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Setelah media pembelajaran dibuat maka media pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli. Validasi materi dilakukan oleh satu ahli materi, validasi desain dilakukan oleh 1 ahli software dan validasi media dilakukan oleh 1 ahli media, hingga media pembelajaran dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Selanjutnya dilakukan ujicoba. Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, media pembelajaran kembali direvisi jika kembali ditemukan kelemahan. Selanjutnya media pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Dari hasil analisis yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran, diperoleh dua hasil penelitian yaitu persepsi siswa dan hasil belajar siswa. 84,38% nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan kategori “sangat positif”.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD IQBAL
Date Deposited: 26 Oct 2017 08:46
Last Modified: 26 Oct 2017 08:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item