Hubungan pengetahuan, konsumsi makanan kariogenik, dan perilaku menyikat gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas VI dan V SDN 47 Kota Jambi

Apri, Lugita (2021) Hubungan pengetahuan, konsumsi makanan kariogenik, dan perilaku menyikat gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas VI dan V SDN 47 Kota Jambi. S1 thesis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

[img] Text (full teks)
Apri Lugita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Apri Lugita-Cover.pdf

Download (991kB)
[img] Text
Apri Lugita-Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Apri Lugita-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Apri Lugita-BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Apri Lugita-Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/jkmj

Abstract

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) pada tahun 2007 dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia bahwa sebanyak 89% anak-anak yang usianya di bawah 12 tahun mengalami karies gigi. Dan sebanyak 43,4% masyarakat Indonesia berusia 12 tahun ke atas mempunyai karies aktif (karies yang belum tertangani) dan sebanyak 67,2% pernah mengalami karies Berdasarkan data dinas kesehatan kota Jambi pada tahun 2018 yaitu sebanyak 4267 kasus. Beberapa faktor terjadinya kasus karies gigi di sebabkan oleh pengetahuan, konsumsi makanan dan minuman. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan pengetahuan, konsumsi makanan kariogenik, dan perilaku menyikat gigi dengan kejadian karies gigi di SDN 47 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini deskriptif dan analitik dengan pendekatan kuantitatif, dengan jenis Observasional Analitik, menggunakan rancangan studi Cross Sectional. Sampel penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas IV dan V SDN 47 Kota Jambi. Penentuan sampel dengan sample random sampling dan di dapat 125 sampel. Pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuisioner google form. pada penelitian yang dilakukan tentang hubungan pengetahuan, konsumsi makanan kariogenik, dan perilaku menyikat gigi dengan kejadian karies gigi pada siswa kelas IV dan V SDN 47 Kota Jambi di dapat hasil dari penelitian ini tidak ada hubungan pengetahuan dengan karies gigi pada P-Value 1.000. ada hubungan pada makanan kariogenik dengan karies gigi dengan nilai P-Value 0.025. dan pada variabel perilaku menyikat gigi ada hubungan dengan karies gigi dengan nilai P-value 0.020. Pada penelitian yang telah dilakukan bahwa dapat di simpulkan untuk variabel pengetahuan tidak terdapat hubungan dengan karies gigi, sedangkan untuk variabel konsumsi makanan kariogenik dan perilaku menyikat gigi terdapat hubungan yang bermakna dengan karies gigi di SDN 47 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: APRI LUGITA
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:12
Last Modified: 26 Jul 2021 03:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24199

Actions (login required)

View Item View Item