Mutiah, Nurul and rasimin, rasimin and yusra, affan (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP ETIKA BELAJAR SISW DI SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (7kB) |
Abstract
Etika terhadap diri sendiri merupakan hal yang cukup penting, terutama etika dalam belajar. Skripsi ini dilatar belakangi dari fenomena yang terjadi dilapangan melalui hasil wawancara bahwa selama pelajaran daring banyak siswa yang tidak masuk kedalam kelas zoom, mematikan kamera dan tidak merespon ketika dipanggil selama jam mata pelajaran berlangsung. Hal tersebut menjadi suatu gambaran besarnya motivasi yang dimiliki siswa karna semakin kuat usaha seseorang dalam melakukan sesuatu baik dalam belajar, bekerja, maupun hal lainnya semakin tercermin pula besarnya motivasi yang dimiliki individu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari motivasi belajar terhadap etika belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Expost Facto atau pengaruh alami. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS di SMA N 3 Kota Jambi yang berjumlah 108 orang dengan penarikan sample sebanyak 85 orang dengan penarikan simple random sampling. Data yang didapat dari penelitian ini mengunakan isntrumen angket dan teknik analisis data dari penelitian in imenggunakan analisis regresu sederhana. Dari hasil analisis data pada penelitian ini, didapat besaran nilai motivasi belajar sebesar 84,7% sementara etika belajar sebesar 84,03%. Terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar terhadap Etika Belajar di SMA N 3 Kota Jambi bertolak dari hasil R Square sebesar 0,216 dimaknai cukup kuat (0,17-0,49) yang berarti Bimibingan Belajar memberikan pengaruh sebesar 21,6% terhadap Etika Belajar siswa di SMA N 3 Kota Jambi dan 78,4% dipengaruhi oleh variable lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | MUTIAH |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 06:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |