ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI EDULOGY MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

Rzyque, Muhammad Amin El Lutfhi Laruenda (2020) ANALISIS USABILITY PADA APLIKASI EDULOGY MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) STUDI KASUS DI SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (632kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi usability atau kebergunaan pada aplikasi Edulogy menggunakan System Usability Scale (SUS) di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru yang menggunakan aplikasi Edulogy untuk media pembelajaran secara daring di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Data yang digunakan yaitu data primer yang bersumber dari responden sebesar 81 guru dan 304 siswa. Teknik perhitungan yang digunakan yaitu dengan menggunakan perhitungan System Usability Scale (SUS). Responden siswa terdiri dari 48% laki-laki dan 52% perempuan dengan perbandingan usia didominasi oleh kelompok usia pada rentan >35 tahun sebesar 67% untuk guru dan 14-16 tahun sebesar 69% untuk siswa dari total jumlah responden. Selain itu mayoritas penggunaan aplikasi Edulogy lama penggunaannya untuk guru mayoritas berkisar 7-12 bulan sebanyak 59% dan untuk siswa mayoritas 13-18 bulan sebanyak 81%. Hasil perhitungan pada penelitian ini menemukan bahwa System Usability Scale (SUS) dapat menjelaskan sebesar 72 skor SUS yang didapat dari guru dan 68 Skor SUS yang didapat dari siswa pada aplikasi Edulogy menunjukkan penggunaan aplikasi Edulogy oleh guru dan siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi terkategori baik. Pada Grade kedua skor SUS tersebut dapat diketahui berada pada Grade C (okay) yang menunjukkan skor tersebut tergolong normal tidak diatas maupun dibawah rata-rata. Pada Adjectives Dapat dikelompokkan bahwa penggunaan aplikasi Edulogy menurut responden tergolong bersifat biasa saja. Pada Acceptability penggunan aplikasi Edulogy dapat diterima dan digunakan secara umum oleh responden dan pada Net Promoter Score (NPS) berada pada klasifikasi passive.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Usabiliy, System Usabiliy Scale, Edulogy
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: MUMAMMAD AMIN EL LUTHFI LARUENDA RYZQUE
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:50
Last Modified: 26 Jul 2021 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24290

Actions (login required)

View Item View Item