ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP

Suwardani, Suwardani (2021) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SMP. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Suwardani. 2021. Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Program Pasca Sarjana Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. Pembimbing II Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. Dari beberapa artikel penelitian tentang Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa SMP, terlihat hasil rata-rata nilai pretest yang masih rendah. Nilai rata-rata KPS siswa sejak Tahun 2015 sampai dengan Tahun 2020 masih rendah yaitu sekitar 41,07%. Berkenaan dengan permasalahan tersebut diperlukan alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan KPS siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, siswa belajar menguasai metode ilmiah yang dapat dikembangkannya sendiri, siswa belajar berpikir analisis dan mencoba memecahkan problema yang dihadapi sendiri. KPS merupakan suatu keterampilan yang terarah dan sistematis untuk menemukan teori ataupun konsep melalui suatu kegiatan ilmiah. Metode yang digunakan untuk studi literatur yaitu analisis beberapa sumber berupa jurnal-jurnal penelitian nasional yang berkenaan dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk pembelajaran IPA di SMP. Selanjutnya artikel-artikel yang relevan dikumpulkan dari berbagai jurnal yang telah terakreditasi Sinta. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan analisis data model Miles & Huberman, melalui tahapan-tahapan sebagai berikut; Mencatat semua temuan aspek inkuiri terbimbing dan hasil KPS dari jurnal yang telah dipilih (data collection), Menelaah kembali catatan hasil dokumentasi (data display), Mendeskripsikan data yang telah diklasifikasikan dengan memperhatikan fokus dan tujuan penelitian (data reduction) dan Membuat analisis akhir dalam bentuk laporan hasil penelitian (conclusion). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan KPS pada mata pelajaran IPA di SMP dengan kategori sedang; 2) Materi tentang getaran dan gelombang lebih efektif digunakan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing daripada materi lainnya untuk meningkatkan KPS siswa SMP; 3) Model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif terutama jika digunakan untuk meningkatkan KPS siswa SMP pada aspek mengamati, kemudian merumuskan masalah dan mengklasifikasi. Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, mata pelajaran IPA SMP

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: SUWARDANI
Date Deposited: 26 Jul 2021 02:20
Last Modified: 26 Jul 2021 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24330

Actions (login required)

View Item View Item