PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK BAHASAN INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA

Ramadhani, Ahmad Syarief (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI POKOK BAHASAN INVERTEBRATA UNTUK SISWA KELAS X SMA. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.

[img] Text
0. Cover.pdf

Download (135kB)
[img] Text
1. HALAMAN PERNYATAAN, PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK TESIS P2A517022.pdf

Download (191kB)
[img] Text
10. BAB VI TESIS P2A517022.pdf

Download (89kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA TESIS P2A517022.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi pokok bahasan Invertebrata untuk kelas X SMA. Yang dilatar belakangi kurangnya pemahaman siswa Insan Madani Kota Jambi terhadap materi invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk menhasilkan LKPD yang menarik dan praktis dari segi tampilan, bentuk dan isi, baik dari pandangan guru dan pandangan siswa. Penelitian pengembangan ini merujuk pada model pengembangan ploomp, yang terdiri dari tiga tahapan pengembangan. Prototype Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dua orang ahli, diantaranya ahli desain dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari para ahli, bahwa desain LKPD berada pada kategori produk yang sangat layak, dengan perolehan skor persentase validasi sebesar 87,5% setelah dilakukan 2 kali validasi dan revisi. Untuk penilaian ahli pada materi juga berada pada kategori sangat layak, dengan perolehan persentase skor pada akhir validasi 81,25%. penilaian guru pada LKPD ini menunjukkan skor dengan rata-rata nilai 88,75%, LKPD ini dinyatakan dengan kriteria sangat layak untuk diujicobakan. Hasil ujicoba pada siswa baik perorangan dan kelompok kecil didapatkan bahwa LKPD memiliki tingkat kepraktisan sangat praktis, persentase rata-rata pada uji perorangan menunjukkan angka 89,77%, dan persentase rata-rata pada uji kelompok kecil menunjukkan angka 89,77 %. Berdasarkan hasil penelitian disimnpilkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang telah dikembangkan valid dan praktis. Peneliti menyarankan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan bahan ajar yang lain untuk mendukung proses pembelajaran disekolah.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: AHMAD SYARIEF RAMADHANI
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:53
Last Modified: 26 Jul 2021 03:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24355

Actions (login required)

View Item View Item