STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN WISATA PANTAI AIR BANGIS DI KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT

HSB, M. Ichsan (2021) STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN WISATA PANTAI AIR BANGIS DI KABUPATEN PASAMAN BARAT SUMATERA BARAT. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.

[img] Text
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM.pdf

Download (110kB)
[img] Text
lembar pengesahan isan.pdf

Download (216kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)

Abstract

INTISARI Strategi pengembangan objek wisata perlu dilakukan sesuai dengan dua komponen yaitu kondisi sapta pesona objek wisata dan pengelolaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data atau informasi dan menganalisis secara mendalam mengenai strategi pengembangan objek wisata Pantai Air Bangis di Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal disekitar lokasi objek wisata dan pengunjung objek wisata serta informan kunci dalam penelitian ini adalah pengelola objek wisata yaitu Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat. Teknik analisa data menggunakan reduksi data dan display data serta teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sapta pesona objek wisata Pantai Air Bangis sudah baik terlihat dari kondisi alam yang sangat indah namun ada beberapa permasalahan yang dapat merusak indahnya alam tersebut salah satu contoh yaitu masalah sampah yang belum terselesaikan di beberapa titik lokasi. (2) Strategi yang tepat dalam pengembangan objek wisata Pantai Air Bangis di Kabupaten Pasaman Barat adalah dengan menjalin kerjasama antara pemerintah, pengelola mamupun masyarakat setempat agar pengembangan objek wisata dapat terlaksana dengan maksimal. Kata Kunci: Strategi ,Promosi, Infrastruktur, Pariwisata

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: M ICHSAN HSB
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:44
Last Modified: 27 Jul 2021 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24474

Actions (login required)

View Item View Item