PENGEMBANGAN MODUL BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELIBATKAN PESERTA DIDIK BERKREATIVITAS

Laksono, Agung (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERPENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MELIBATKAN PESERTA DIDIK BERKREATIVITAS. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (174kB)
[img] Text
2. Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (410kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4. BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
5. Dapus.pdf

Download (273kB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan modul merupakan proses pengembangan pengetahuan prosedural dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran dikembangkan guna memperoleh pembelajaran yang bersifat multidisiplin ilmu, berpusat kepada peserta didik, aktif dan kritis, perubahan pola pembelajaran interaktif. Pada proses pembelajaran berpendekatan STEM informasi dibentuk melalui kolaboratif dan kreativitas. Peserta didik menggunakan keterampilan dan proses belajar dalam ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika dalam proses berpikir untuk menyelesaikan permasalahan. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur, desain, respon peserta didik dan penilaian guru dalam melibatkan peserta didik berkreativitas. Pengembangan modul kenakaragaman hayati dengan berpendekatan STEM menggunakan model PjBL pada materi Keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Kota Jambi dengan mengadaptasi model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, angket terbuka dan tertutup, dan daily log. Produk hasil pengembangan berupa Modul Keanekaragaman hayati berpendekatan STEM, modul divalidasi oleh tiga tim ahli dan dinyatakan layak. Berdasarkan hasil respon dua guru terhadap modul maka didapatkan nilai kappa 0,698 dengan kategori sedang. Hasil ujicoba satu-satu untuk proyek satu mempunyai persentase 82,08% dengan kategori “Sangat Layak” dan proyek dua mempunyai persentase 89,05% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil ujicoba kelompok kecil mempunyai nilai kappa untuk proyek satu 0.529 dengan kategori baik dan untuk proyek dua mempunyai nilai kappa 0,532 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Modul berpendekatan STEM dengan kategorikan baik untuk guru dan sedang untuk peserta didik sehingga dapat melibatkan peserta didik berkreativitas, dan modul berpendekatan STEM layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: AGUNG LAKSONO
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:11
Last Modified: 27 Jul 2021 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24505

Actions (login required)

View Item View Item