Analisis Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Daring Model Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D

Rani, Rani (2021) Analisis Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Daring Model Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rani.2021.Analisis Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Daring Model Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D. Skripsi, S1 Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si. (II) Khairul Anwar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring, Discovery Learning, Cabri 3D Kesulitan belajar geometri yang dialami siswa, interaksi siswa dan guru yang pasif dalam pembelajaran matematika daring, dan penggunaan media belajar whatssapp yang tidak mendukung materi geometri tersampaikan dengan baik, menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menginovasikan pembelajaran matematika, sehingga dilakukanlah pembelajaran matematika daring model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D. Selanjutnya akan dilihat motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Daring Model Discovery Learning Berbantuan Cabri 3D. Jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIE SMP N 22 Kota Jambi berdasarkan hasil angket siswa yang semua indikatornya sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah yang telah melakukan pembelajaran matematika daring model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D diambil 4 siswa yang. Metode penelitian data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Angket dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan wawancara menggunakan analisis data miles dan huberman. Hasil penelitian tentang motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika daring model Discovery Learning berbantuan Cabri 3D menunjukkan bahwa dari keempat subjek, terdapat dua subjek yang semua indikator motivasi belajarnya terlihat dan dua subjek yang lainnya tidak terlihat. Indikator tersebut adalah adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan adanya lingkungan belajar yang baik. Faktor yang mempengaruhi keempat subjek adalah faktor yang bersumber dari dirinya pribadi yaitu subjek memiliki keinginan sendiri dan berusaha untuk menghindari kegagalan dalam proses pembelajaran yang bersumber dari dalam dirinya. Kemudian faktor lain dari luar dirinya berupa pengaruh model, media, lingkungan belajar, dan suasana belajar. Didalam penelitian ini ditemukan juga bahwa penggunaan media Cabri 3D dalam pembelajaran membantu siswa memahami materi geometri yang selama ini dianggap sulit oleh siswa dan penggunaan model Discovery Learning mendukung siswa aktif dalam belajar karena terdapat model diskusi didalamnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Pembelajaran Daring, Discovery Learning, Cabri 3D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rani
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:16
Last Modified: 27 Jul 2021 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24573

Actions (login required)

View Item View Item