Zeki Y, Hendra (2021) PENERAPAN METODE ATTARTIL DALAM MENINGKATKAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI DI YAYASAN MEMBACA AL-QURAN AT-TARTIL SIDOARJO JAWA TIMUR. S2 thesis, universitas jambi.
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (86kB) |
|
Text
abstrak-dikonversi.pdf Download (34kB) |
|
Text
Cover (1).pdf Download (159kB) |
|
Text
daftar pustaka - Copy-dikonversi.pdf Download (655kB) |
|
Text
1.pdf Download (113kB) |
|
Text
2.pdf Download (132kB) |
|
Text
3.pdf Download (126kB) |
Abstract
Metode pembelajaran Al-Quran adalah cara atau jalan yang harus dilalui dalam proses belajar mengajar Al-Quran dengan tujuan agar dapat membaca dan mempelajari Al-Quran dengan tujuan agar dapat membaca dan mempelajari Al-Quran dengan baik dan benar serta lancar. Masalah yang di teliti dalam penelitian ini yaitu: penerapan metode jibril dalam meningkatkan membaca Al-quran santri di Yayasan Membaca Al-quran At-tartil Sidoarjo jawa timur. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Attartil di Yayasan Membaca Al-Quran At-Tartil Sidoarjo Jawa Timur. Dalam menganalisis permasalahan ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan beberapa tahapan yaitu identifikasi, klasifikasi selanjutnya dilakukan interprestasi dengan menggunakan pendekatan- pendekatan kualitatif dan menganalisa data untuk mendapatkan keterangan yang mendalam dari obyek yang bersangkutan. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) metode jibril sangat efektif dan efisien untuk pembelajaran (2) guru pengajar pendidikan Alquran di BMQ Attartil sidoarjo adalah guru yang sudah dilatih dan sudah memiliki ijazah pendidik alquran. (3) memberikan suasana belajar yang kondusif dan menciptakan forum komunikasi yang baik antara guru dan murid. (4) metode attartil memiliki media pembelajaran. (5) BMQ Attartil Sidoarjo memiliki program tahunan dalam pendidikan khusus untuk guru TPQ Attartil Sidoarjo untuk penguasaan metode Attartil. Kata kunci : Metode Attartil, BMQ, Guru Al-Quran learning method is a way or path that must be passed in the process of teaching and learning the Qur'an is able to read and study the Qur'an is able to read and study the Qur'an properly and correctly and smoothly. The problem in this research is : the application of the Attartil method in improving the reading of the Koran for students at the At-tartil Al-Quran Reading Foundation, Sidoarjo, East Java. The purpose of this study was to find out how the Attartil Method was applied at the At-Tartil Al-Quran Reading Foundation, Sidoarjo, East Java. In analyzing this problem, the method used is a descriptive method with several stages, namely, classification is then interpreted using an approach approach and data analysis to obtain in-depth information from the object in question. The conclusions of this study are (1) attartil's method is very and efficient for learning (2) effective teachers of Koran education at BMQ Attartil Sidoarjo are teachers who are old and already have a Koran educator diploma. (3) provide a conducive learning atmosphere and create a good communication forum between teachers and students. (4) Jibril's method has learning media. (5) BMQ Attartil Sidoarjo has an annual program in special education for TPQ Attartil Sidoarjo teachers to master the Attartil method. Keywords: Jibril Method, BMQ, Teacher
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HENDRA ZEKI Y |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 02:08 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 02:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24660 |
Actions (login required)
View Item |