SUYADI, SUYADI (2021) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA N 10 TANJUNG JABUNG BARAT TAHUN 2020/2021. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Suyadi_.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB 1-dikonversi.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
bab 5-dikonversi.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAPUS-dikonversi.pdf Download (34kB) |
Abstract
Peneletian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi yang masih berpusat pada guru. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru masih kurang efektif, menyebebkan aktivitas belajar yang tidak aktif sehingga berdampak pada ketidak tercapaian hasil belajar. Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat. 2) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat. 3) Perbandingan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat.Peneletian ini merupakan peneletian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen, yang dilakukan terhadap dua kelas sampel dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Subjek peneletian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Barat, dengan sampel kelas X IPS2 dan X IPS3. Data peneletian diperoleh dengan memberikan pre test dan post test.Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa, Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA 10 Tanjung Jabung Barat. Dimana kedua model sanggup tingkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, tetapi, model Problem Solving lebih baik terhadap hasil belajar siswa dengan memiliki nilai N- Gain 0, 74 lebih besar dari pada model pendidikan problem posing yang memiliki nilai N- Gain 0, 4. Bisa dilihat dari perolehan rata- rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen 1 ialah 25. 41 sebaliknya kelas eksperimen II ialah 25, 09 ialah dimana kelas eksperimen 1 lebih besar rata- rata nya dibandikan kelas eksperimen 2, dengan perhitungan uji t menampilkan kalau thitung>ttabel (2,81>1,997) pada derajat signifikan 5%, hingga dari itu bisa diputuskan Ha diterima serta H0 tidak diterima. Maka dinyatakan adanya perbandingan hasil belajar siswa. Jadi, bisa disimpulkan kalau ada perbandingan model pendidikan problem solving serta model pendidikan model problem posing terhadap hasil belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | SUYADI |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24671 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |