AMTHARI, WINDA (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SAINTIFIK MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA KELAS XI SMA. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
Halaman Judul.pdf Download (229kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (16kB) |
Abstract
Pembelajaran memegang peranan penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran adalah ketersediaan bahan ajar. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan suatu bahan ajar yang dapat dikembangkan oleh guru untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Perkembangan teknologi yang semakin dinamis telah banyak membawa perubahan dan kemajuan pada bidang pendidikan. Guru dapat menyediakan bahan ajar yang menarik seperti LKPD elektronik atau e-LKPD. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 2 Kota Jambi, sebagian peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem pernapasan pada manusia yang dipelajari di kelas XI SMA. LKPD elektronik memuat materi pembelajaran yang dilengkapi dengan gambar serta video yang menarik perhatian dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi pernapasan pada manusia. Bahan ajar seperti e-LKPD dapat diintegrasikan dengan menggunakan pendekatan saintifik yang dapat merangsang keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis saintifik materi sistem pernapasan pada manusia kelas XI SMA, mengetahui kelayakan, respon guru dan peserta didik, serta efektivitas e-LKPD yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 89,29% dengan kategori sangat baik dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 97,92% dengan kategori sangat baik. Hasil respon guru biologi diperoleh persentase 97,5% dengan kategori sangat baik, hasil ujicoba untuk melihat respon peserta didik pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 93,7% dengan kategori sangat baik, dan ujicoba pada kelompok besar diperoleh persentase 93,59% dengan kategori sangat baik. Pada hasil uji efektivitas menggunakan uji paired sample t test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang dapat menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis saintifik materi sistem pernapasan pada manusia dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian e-LKPD berbasis saintifik materi sistem pernapasan pada manusia yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | WINDA AMTHARI |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 06:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 06:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24675 |
Actions (login required)
View Item |