ASTUTI, YUNI (2021) PENERAPAN STRATEGI BEDAH NILAI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RASA KEBERSAMAAN SISWI KELAS VIII B PADA LAYANAN INFORMASI DI SMP NU KEC SINGKUT. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
Bab 1-dikonversi.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
Bab2-dikonversi.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Bab 3-dikonversi.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
Bab 4-dikonversi.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Bab 5-dikonversi.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf Download (58kB) |
Abstract
ABSTRAK Astuti, Yuni. 2021. Penerapan Strategi Bedah Nilai Untuk Meningkatkan Pemahaman Rasa Kebersamaan Siswi Pada Layanan Informasi di Kelas VIII B SMP NU Kec Singkut: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd., (II) Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd., Kata Kunci: Rasa Kebersamaan. Strategi Bedah Nilai, Layanan Informasi. Seorang siswa di didik agar memiliki sikap afektif yang bagus,arah afektif bukan hanya sikap dan nilai saja yang diutamakan, tetapi meliputi hal yang menilai sebuah fenomena dan menuntut tingkahlaku moralnya. Salah satu ranah afektif yang harus dimiliki oleh siswa adalah Rasa Kebersamaan. Adapun batasan masalah pada penelitian ini iyalah pemahaman yang ditingkatkan merupakan Rasa Kebersamaan. Mengingat ada banyaknya layanan bimbingan dan konseling maka dibatasi pada layanan informasi dengan metode mengajar strategi bedah nilai. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa yang tergabung dalam kelas VIII B SMP NU Kec.Singkut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara,lembar observasi dan angket. Pada penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Layanan atau PTL yang dilakukan secara berkelanjutan sebanyak 3 siklus dengan 4 kopetensi setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Pada penelitian ini mengalami peningkatan pada siklus ke 3. Pada siklus 1 memiliki hasil dari penerapan SBN 76,9% dan hasil pemahaman 73%, pada siklus 2 mengalami penurunan dengan hasil dari proses penerapan SBN 62,5% sedangkan hasil pemahaman siswa meningkat menjadi 66,6%, pada siklus 3 mengalami peningkatan dengan penerapan SBN 97,7% serta pemahaman siswa meningkat menjadi 99%. Meningkatkan pemahaman rasa kebersamaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode mengajar strategi bedah nilai. Adapun prosedur yang digunakan dalam pelaksanaan strategi bedah nilai adalah sebagai berikut: 1). Tahap pembukaan; membuka dengan salam, memeriksa daftar hadir siswa, membacakan peraturan sebelum belajar, 2). Tahap kegiatan; peneliti membacakan cerita gotong royong menyiapkan taman, meminta siswa menuliskan reaksi tanggapan di kertas, analisis pendalaman dengan membahas jawaban kelompok terpilih, kerja kelompok dengan teknik berhitung 1,2,3,4,5,6 dan evaluasi menyimpulkan kembali pembelajaran yang telah di selesaikan, 3). Tahap penutup; mengakhiri dengan salam. *)SBN = Strategi Bedah Nilai
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yuni Astuti |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 03:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |