Evaluasi Serangan Penggerek Batang (Apomecyna saltator Fabricius) Coleoptera: Cerambycidae Pada Tanaman Labu Madu (Cucurbita moschata Dusch)

Thaury, Fheny Rama Shen and Wilyus, Wilyus and Novalina, Halima Putri (2021) Evaluasi Serangan Penggerek Batang (Apomecyna saltator Fabricius) Coleoptera: Cerambycidae Pada Tanaman Labu Madu (Cucurbita moschata Dusch). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Pengesaha, Ringkasan, Pernyataan, dan Riwayat Hidup.pdf

Download (405kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

EVALUASI SERANGAN PENGGEREK BATANG (Apomecyna saltator Fabricius.) COLEOPTERA: CERAMBYCIDAE PADA TANAMAN LABU MADU (Cucurbita moschata Dusch.) (Fheny Rama Shen Thaury di bawah bimbingan Dr. Ir. Wilyus, M.Si. dan Dr. Novalina, S.P., M.Si.). Apomecyna saltator Fabricius adalah salah satu hama dari tanaman labu madu. Serangan yang disebabkan A. saltator yakni batang labu madu pecah-pecah disertai nekrosis yang dimulai dari bagian bawah batang memanjang ke atas yang ketika dibuka terdapat jalur lubang disertai serbuk bekas gerekan pada batang. Serangan berat A. saltator adalah kematian pada tanaman labu madu. Kematian tanaman labu madu ini terjadi secara perlahan sehingga tanaman masih dapat berproduksi hanya saja mengurangi kuantitas dan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fenologi tanaman labu madu dan investasi A. saltator serta pengaruh dari serangan A. saltator terhadap penurunan umur produktif, waktu pematangan labu dan penurunan produksi labu madu. Penelitian dilaksanakan di Teaching and Research Farm, Fakultas Pertanian Universitas Jambi dalam kurun waktu selama ±4 bulan. Penelitian ini dirancang dengan membandingkan 2 perlakuan yakni A (Tanaman labu madu yang dibiarkan terpapar oleh hama A. saltator) didapatkan dengan menanam labu madu pada areal yang sebelumnya lokasi tersebut selalu terserang A. saltator dan B (Tanaman labu madu yang terbebas (luput) dari serangan A. saltator) didapatkan dengan membungkus batang menggunakan plastik wrap sepanjang 1,5 m diaplikasikan mulai 7 hst dan dilanjutkan setiap harinya. Bagian yang tidak tertutupi plastik wrap diaplikasikan insektisida dengan dosis yang telah ditetapkan. Perlakuan diulang 5 kali yang ditempatkan secara acak kelompok. Hasil penelitian fenologi tanaman dan diskripsi gejala serangan A. saltator disajikan dalam bentuk matrik dan dianalisis secara deskriptif. Lama masa produktif, waktu pematangan buah dan produksi tanaman labu madu dianalisis menggunakan uji t dengan software SPSS pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa investasi A. saltator telah terjadi pada 14 hst pada fase vegetatif akhir dan gejala serangan A. saltator mulai tampak pada 21 hst saat tanaman labu madu memasuki fase generatif. Serangan A. saltator menyebabkan hasil yang berbeda sangat nyata pada pengamatan umur produktif tanaman, waktu pematangan buah serta produksi tanaman labu madu jika dibandingkan pada tanaman yang tidak terserang A. saltator. Sehingga hama penggerek batang labu (A. saltator) dapat menjadi hama penting pada tanaman labu madu dikarenakan serangannya yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produksi tanaman labu madu secara signifikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Fheny Rama Shen Thaury
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:51
Last Modified: 28 Jul 2021 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24747

Actions (login required)

View Item View Item