sihotang, karyati estelita (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA COVID-19 DI SMA NEGERI 3 BUNGO. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
cover-dikonversi-digabungkan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
halama pengesahan.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (232kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di masa Covid-19 Di SMA Negeri 3 Bungo Nama : Karyati Estelita Sihotang Nim : RRA1E115001 Dosen Pembimbing I : Drs. Asradi, M.M. Dosen Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Pd., M.Pd. Terdapat berbagai pengaruh dari pandemi Covid-19, termasuk pada dunia Pendidikan. Pengaruh atau dampak dari pandemi Covid-19 terhadap dunia Pendidikan mengharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah, dimana pembelajaran yang dilakukan dari rumah atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh mengalami berbagai kendala atau permasalahan. Permasalahan tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mengetahui hambatan belajar siswa semasa Covid-19 dan (2) Mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari guru Bimbingan dan Konseling, siswa dan orang tua siswa SMA Negeri 3 Bungo yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dimasa Covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi literatur dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan atau kesulitan yang dialami siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dimasa Covid-19 di SMA Negeri 3 Bungo yaitu kesulitan dalam memahami materi, kesulitan dalam memahami dan mengerjakan tugas, jumlah tugas yang banyak, kesulitan dalam mengatur waktu belajar dan penurunan karakter siswa. Kemudian, peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dimasa Covid-19 di SMA Negeri 3 Bungo yaitu guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling secara online dan offline yaitu (1) Meningkatkan Kemauan Siswa untuk Melaksanakan Pembelajaran, (2) Memberikan Informasi tentang Metode Belajar, dan (3) Memberikan berbagai Layanan Bimbingan Konseling. Pada penelitian ini ditemukan juga bahwa pembimbingan yang diberikan kepada siswa dimasa Covid-19perlu memperhatikan waktu. Sehingga, dalam bimbingan yang diberikan termuat karakter disiplin agar tugas yang diberikan selama pembelajaran jarak jauh dapat dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh guru Mata Pelajaran. Kata kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Covid-19
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Karyati Estelita Sihotang |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 01:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 01:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24771 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |