Amalia, Rizqi (2021) STUDI KOMPARASI TINGKAT LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA MAHASISWA EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS JAMBI DAN MAHASISWA EKONOMI SYARIAH UIN STS JAMBI. S1 thesis, Manajemen.
![]() |
Text
Rizqi Amalia_C1B017023_Revisi-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
ABSTRAK-dikonversi.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (848kB) |
Abstract
Indonesia menjadi negara dengan populasi umat Muslim terbesar dalam hal penganut Islam namun memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah yang rendah. Dengan demikian pada tahun 2013, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan program dalam Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI). Dimana mahasiswa menjadi salah satu target sasarannya.Melalui mahasiswa yang memiliki literasi keuangan yang tinggi diharapkan mampu memberikan edukasi literasi keuangan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan tingkat literasi keuangan syariah antara Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Jambi Dan Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN STS Jambi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 152 sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 21dengan uji hipotesis menggunakan uji statistik Mann-Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara keseluruhan baik Mahasiswa Ekonomi Islam UNJA maupun Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN STS Jambi memiliki tingkat pemahaman literasi keuangan syariah dalam kategori tinggi. Secara signifikan terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan syariah pada Mahasiswa Ekonomi Islam UNJA dan Mahasiswa Ekonomi Syariah UIN STS Jambi. Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Mahasiswa, UNJA, UIN STS Jambi, Studi Komparasi.
Actions (login required)
![]() |
View Item |