A, SHAFIRA and Syahri, Wilda and Yusnaidar, Yusnaidar (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA. S1 thesis, UNJA.
![]() |
Text
cover 1.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
skripsi fiks.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK A, Shafira. 2021. Pengembangan e-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi di Kelas XI SMA. Skipsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing 1: Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd 2: Dr. Yusnaidar, S.Si, M.Si. Kata Kunci: e-LKPD, Pendekatan Saintifik, dan Laju Reaksi E-LKPD merupakan suatu lembar kerja elektronik yang menjadi salah satu sumber belajar peserta didik yang berisi materi yang disertai dengan video pembelajaran serta berisi soal-soal dengan tahapan pendekatan sainfifik. e-LKPD berfungsi sebagai lembar kerja yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau peserta didik dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD pada materi laju reaksi dan untuk mengetahui respon peserta didik dan penilaian pengguna e-LKPD pada materi laju reaksi di SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pengembangan model Hannafin & Peck yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu penilaian kebutuhan, desain dan pengembangan dan implementasi, semua tahapan melibatkan proses evaluasi dan revisi. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diimplementasikan pada uji coba satu-satu dan selanjutnya uji coba kelompok kecil di kelas XI MIPA 4. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar wawancara dan angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon ahli materi dan ahli media terhadap e-LKPD memberikan respon positif dan dinyatakan “Layak” untuk dilakukan uji coba. e-LKPD ini juga mendapat respon positif dari pengguna (guru mata pelajaran kimia) dan direspon positif oleh peserta didik dengan rerata skor 69,3 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil penelitian terhadap peserta didik dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi layak digunakan sebagai bahan ajar dan direspon positif oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SHAFIRA.A |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 06:49 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |