ANMUKTI, SARAH MOZA (2021) IMPLEMENTASI REVITALISASI PASAR TRADISIONAL ANGSO DUO DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PEDAGANG KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
1. Skripsi FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
2. COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK INDO.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
6. BAB Kesimpulan.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Revitalisasi di Pasar Tradisional Angso Duo di Kota Jambi serta penyempurnaan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara dengan informan (1) Pengelola Pasar Angso Duo, (2) Para pedagang Pasar Angso Duo, (3) Pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi dan Jambi dan pihak terkait lainnya dalam program revitalisasi Pasar Angso Duo. Hasil penelitian didapatkan Implementasi Revitalisasi di Pasar Tradisional Angso Duo di Kota Jambi sudah bagus. Hal ini dapat dilihat dari penataan pedagang sesuai dengan zona masing-masing, sarana dan prasarana yang sudah memadai, lokasi parkir sudah luas, penataan rapi, bersih, dan keamanan serta kenyaman sudah baik. Dengan adanya revitalisasi pendapatan pedagang meningkat, kenyamanan dan keamanan pedagang/konsumen juga terjamin dan juga mengurangi jumlah pengangguran. Penyempurnaan yang dilakukan pemerintah untuk memaksimalkan kualitas pelayanan yaitu (a) Sumberdaya adalah komponen yang penting untuk kelancaran jual-beli. Karena banyak konsumen/pembeli maka, pendapatan pendapatan pedangan akan semakin meningkat (b) Komunikasi yaitu keberhasilan revitalisasi Pasar Angso Duo tidak terlepas dari komunikasi yang baik antara pihak pedagang maupun pengelola pasar. Dimana terdapat pola pikir yang maju akan pentingnya suatu hubungan yang baik agar mencegah terjadinya miss communication dari kedua belah pihak. (c) Struktur Birokrasi. Dengan adanya kerjasama yang baik, maka akan terciptanya program revitalisasi yang kondusif, sehingga revitalisasi pasar yang dijalankan menjadi efektif dan berhasil. (d) Dukungan target. Masyarakat diberikan penyuluhan dari pengelola pasar serta diberikannya pemahaman terhadap pedagang, sehingga menghasilkan dukungan penuh dari berbagai pihak terkait, sehingga program revitalisasi Pasar Angso Duo berjalan semestinya. Kata Kunci: Implementasi, Revitalisasi, Pasar Tradisional, Kualitas Pelayanan
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | SARAH MOZA ANMUKTI |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 07:09 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 07:09 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |