MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V D SDN 13/I MUARA BULIAN

CAHYANI, AYU MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V D SDN 13/I MUARA BULIAN. JURNAL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V D SDN 13/I MUARA BULIAN.

[img] Text
ARTIKEL_ILMIAH_A1D113026.pdf

Download (276kB)

Abstract

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNKAN PENDEKATAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V D SDN 13/I MUARA BULIAN Diajukan Oleh: AYU CAHYANI NIM A1D113026 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Cahyani, Ayu. 2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V D SDN 13/I Muara Bulian. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Drs. Arsil, M. Pd. Pembimbing II. Ahmad Hariandi, S. Pd.I, M. Ag Kata Kunci: Keaktifan belajar siswa, Pendekatan Inkuiri. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa masih banyak siswa kelas V D SDN 13/1 Muara Bulian yang belum memiliki keaktifan belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada pembelajaran IPS tidak semua siswa mau memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi pelajaran dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa menggunakan pendekatan inkuiri pada siswa kelas V D SDN 13/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi keaktifan belajar siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas V D SDN 13/I Muara Bulian. Berdasarkan lembar observasi keaktifan belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I pertemuan I terdapat 5 orang siswa yang memiliki keaktifan belajar dan pada pertemuan II terdapat 8 orang siswa yang telah memiliki keaktifan belajar. Kemudian pada siklus II meningkat pada pertemuan I terdapat 16 orang siswa dan pada pertemuan II terdapat 21 orang siswa yang memiliki keaktifan belajar pada siklus II. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelas V D SDN 13/1 Muara Bulian sehingga siswa memiliki keaktifan belajar yang tinggi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AYU CAHYANI
Date Deposited: 28 Nov 2017 07:51
Last Modified: 28 Nov 2017 07:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2496

Actions (login required)

View Item View Item