Problematika Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII.E di SMP Negeri 7 Muaro Jambi

Wulandari Simamora, Lestari (2021) Problematika Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII.E di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, PPKn.

[img] Text
SKRIPSI LESTARI WULANDARI SIMAMORA_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (190kB)

Abstract

Hasil observasi awal pada penelitian ini adalah adanya kendala guru pada aktivitas pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PPKn di kelas VII yang disertai dengan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas VII.E di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur kualitatif mulai dari tahap pralapangan pada bulan Oktober 2020-November 2020, tahap pekerjaan lapangan pada bulan Maret 2021-April 2021, dan tahap analisis pada bulan Mei 2021-Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dan sumber data diperoleh dari informan yaitu guru PPKn yang mengajar dikelas VII.E dan 10 orang siswa kelas VII.E dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, temuan dan simpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, pada aktivitas perencanaan. Masalah yang terjadi adalah guru kesulitan dalam menyusun RPP yang sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan RPP. Kedua, pada aktivitas pelaksanaan. Masalah yang terjadi adalah a) guru kesulitan mengendalikan kondisi kelas VII.E pada jam pelajaran terakhir, b) kemampuan memahami dan berpikir kritis siswa kelas VII.E masih rendah, c) kurangnya ketersediaan media pembelajaran PPKn. Ketiga, pada penilaian hasil pembelajaran. Masalah yang terjadi adalah a) guru tidak melakukan penilaian kompetensi sikap dan keterampilan, b) rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VII.E pada mata pelajaran PPKn.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Lestari Wulandari Simamora
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:44
Last Modified: 28 Jul 2021 06:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item