Iis Handayani, Khairisti Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Gaya Kognitif Field Dependence dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH (RSA1C212015).pdf Download (664kB) |
Abstract
Kemampuan penalaran berperan penting dalam kesuksesan belajar matematika. Salah satu peran penting penalaran matematis dalam matematika adalah untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan kebiasaan bernalar secara matematis yang baik, siswa akan mampu memahami dan menggunakan apa yang telah mereka pelajari di sekolah untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Dalam penelitian ini teori gaya kognitif yang digunakan adalah teori gaya kognitif field dependence yang digagas oleh Witkin. Gaya field dependence merupakan tipe gaya kognitif yang mencerminkan cara analisis seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya kognitif field dependence dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX E SMP N 1 Kota Sungai Penuh yang memiliki gaya kognitif field dependence. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar Group Embedded Figures Test (GEFT), lembar tes kemampuan penalaran matematis siswa berupa soal pola bilangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependence yang terpilih sebagai subjek penelitian tidak mampu menggunakan kemampuan penalaran matematis hal ini dikarenakan subjek field dependence tidak mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis. Oleh karena itu, subjek field dependence hanya mampu memenuhi indikator penalaran matematis yaitu memilih dan menggunakan berbagai jenis penalaran dan metode pembuktian dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Diharapkan peran serta guru perlu memberikan perhatian yang lebih kepada siswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependence dalam menyelesaikan soal pola bilangan. Sehingga siswa dapat memahami soal dan mengetahui konsep apa yang digunakan dalam menyelesaikan soal, dengan begitu penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika dapat teratasi secara bertahap.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | KHAIRISTI IIS H |
Date Deposited: | 29 Nov 2017 00:45 |
Last Modified: | 29 Nov 2017 00:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2498 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |